Pertama kali ke luar negeri: Pilih Singapura atau Malaysia?

Banyak tour agent atau Travel menawarkan paket hemat liburan ke dua negara tersebut. Hal ini kemudian membuat Anda bingung menentukan destinasi mana yang cocok untuk anda.

Berikut kami beri sedikit masukan dan rekomendasi untuk anda.

  1. Biaya Hidup

Tidak bisa dipungkiri bahwa Singapura memiliki biaya hidup yang cukup tinggi di Asia, bahkan dunia. Harga sebotol air mineral 500 ml misalnya, rata rata 1-2 SGD atau sekitar 10.000-20.000 IDR (kurs 10.000/SGD). Berbeda dengan Malaysia yang harga sebotol air mineral 500 ml nya adalah 1-2 MYR atau setara 3.500 -7.000 IDR (kurs 3.500/MYR). Tidak jauh berbeda dengan di Indonesia kan?  Begitu juga biaya lainnya seperti makan, transportasi, dan souvenir, Singapura akan terasa menguras kantong daripada Malaysia. 

   2. Transportasi

Selain biaya hidup yang tinggi, harga kenderaan di Singapura juga setinggi langit. Belum lagi pajak kenderaan yang mahal, membuat orang Singapura tidak ada pilihan selain menggunakan public transport (MRT, Bus, dan sebagainya). Akan tetapi jangan khawatir karena fasilitas yang disediakan oleh pemerintah memang memadai, ditunjang rute kenderaan yang relatif lengkap. Bagi orang Indonesia, mungkin naik MRT ke rute atau tujuan wisata di sana akan sedikit melelahkan. Anda juga dapat menggunakan Grab di sana, tetapi tarif yang berlaku sedikit mahal.

Berbeda dengan Singapura, Malaysia masih mirip Indonesia. Anda bisa menggunakan grab dengan tarif hampir sama dengan di Indonesia. Selain itu ada fasilitas bus gratis Go-KL yang menjangkau titik titik wisata di Kuala Lumpur. Anda juga dapat menggunakan LRT, MRT, KTM, atau MRT yang juga tidak kalah hebat dengan Singapura. 

  3. Destinasi Wisata dan Budaya

Ada pepatah bilang  “kalau mau lihat luar negeri, ya Singapura”. Ya argument ini tidak salah karena  memang dampak teknologi tingkat tinggi Singapura, serta budayanya yang tidak terlalu mirip Indonesia membuat pelancong akan merasakan perbedaan yang begitu kontras. Dari segi wisata, Singapura ada Merlion Park, Sentosa, Chinatown, Bugis, dan masih banyak lagi.tetapi kebanyakan tempat tempat itu kebanyakan berbayar. 

Lain halnya dengan Malaysia yang merupakan tetangga kita, anda tidak akan terlalu shock dengan perbedaan budaya di sana. Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia kepada orang orang di sana, berbeda dengan Singapura yang mayoritas berbahasa Inggris. Untuk destinasi wisata di Kuala Lumpur, ada Petronas, Masjid Jame, KLCC, Jalan alor bbukitbintang, dan sebzgainya. Namun banyak pendapat mengatakan KL benar benar mirip Jakarta, sehingga akan lebih menyenangkan ke Singapura.

Kesimpulannya,

Kedua negara tersebut memiliki sisi plus minus masing masing. Tergantung anda sekarsng, karena anda yaang paling tahu mau mencari apa  atau bagaimana kemampuan anda sendiri. 

Anda bisa menggunakan jasa Travelia untuk liburan terbaik ke dua negara itu. Rasakan pengalaman berbeda berlibur bersama Travelia. Daftar semarang juga!

Note: anda mungkin saja menemukan air mineral yang lebih murah, antara 0.3-0.5 SGD/ 3.000-5.000 IDR untuk varian tersebut, seperti di Mustofa Center, atau minimarket yang sedang promo di kawasan bugis. Harga yang kami tampilkan adalah yang umum atau akan banyak anda jumpai.