Pengajuan Visa Korea Sulit & Rumit (?)

Banyak informasi beredar di Internet atau di jagad maya bahwa, mengurus Visa Korea Selatan (kemudian disebut Korea) sangat sulit dan rumit. Perlu diketahui konsep awal bahwa, sulit atau rumit adalah hal yang relative. Bagi kamu yang terbiasa mengurus administrasi atau hal yang berkaitan dengan birokrasi, mungkin mengurus Visa Korea tidak ada apa-apanya. Kami juga pernah mendapatkan seorang customer yang dalam dua hari tanpa kendala dapat melengkapi seluruh berkas Visa nya. Tetapi ada juga customer yang baru selesai melengkapi persyaratan hingga 3 minggu sebelum keberangkatan.
Kunci yang harus kamu ketahui adalah bahwa, mungkin dibandingkan negara Asia lainnya, Korea memang salah satu yang paling rumit, bahkan ada pendapat yang menyamakan proses pengurusan Visa Korea setara dengan pengurusan Visa ke Amerika! Korea dalam satu dekade terakhir mengalami perkembangan jumlah wisatawan yang pesat. Ini sebanding dengan industri film, musik, atau budayanya yang mendunia. Hal ini menyebabkan tingginya kunjungan wisatawan ataupun ‘pengadu nasib’ ke Korea. Oleh karena itu, Korea sangat concern terhadap issue Tenaga Kerja Asing Illegal, Pencari Suaka, atau orang/ kelompok yang berpotensi menyebabkan huru-hara.
Dampaknya, proses atau persyaratan Visa Korea memang sedikit lebih sulit dibandingkan Jepang atau negara lan di Asia. Akan tetapi, setelah mengetahui tujuan dari sulitnya persyaratan itu, kita harus bisa sadar bahwa yang kita perlukan hanya: membuktikan bahwa kita tidak berniat menyebabkan huru-hara, mencari kerja, atau menetap lama di Korea. Buktikan bahwa kita memang hanya berniat liburan atau jalan-jalan. Lantas bagaimana caranya? Ya dengan melengkapi berkas-berkas itu dengan sebaik-baiknya.
Banyak informasi persyaratan beredar di Internet adalah keliru. Ada yang mengatakan saldo di Bank harus mengendap Rp. 40.000.000, Rp. 20.000.000, dan lain sebagainya. Kebanyakan dari informasi tersebut adalah dibuat oleh agent Travel/ pihak yang menawarkan jasa pembuatan Visa. Pihak Kedubes atau KVAC (Korea Visa Application Center) tidak pernah mengatakan dengan gamblang persyaratan itu. Travelia juga pernah mengurus Visa peserta yang mohon maaf; saldonya di bawah 5 juta tetapi bisa dikeluarkan Visa-nya. Petugas mengkonfirmasi bahwa, penilaian berkas seorang applicant tidak hanya dari saldo semata, melainkan juga hal-hal yang intinya mengkonfirmasi dan menjamin bahwa si pemohon benar-benar hanya ingin berlibur, serta sanggup berlibur tanpa melakukan hal-hal yang melanggar undang-undang pemerintah/ keamanan setempat.

Tingkat penerimaan Visa Korea di Travelia adalah 98%, di mana dari 100 berkas pengajuan Visa, hanya ada 2 berkas yang ditolak. Dari berkas yang ditolak itu jika kami perhatikan, selalu dengan alasan sebagai berikut:

Contoh Alasan Visa Ditolak

Setelah kami analisis dari awal, seperti dugaan kami memang pemohon itu cukup beresiko, bahwa dia tidak punya pekerjaan, hidup sebatang kara, dan telah berusia produktif namun belum menikah. Pihak Kedubes tentu tidak merilis alasan lebih detail dari itu, namun analisa tim kami, dokumen pemohon kurang mendukung, di mana dia baru bekerja di sebuah perusahaan yang legalitasnya juga diragukan, kemudian rekening Bank nya juga kurang mendukung, serta tinggal sebatang kara (tidak ada keluarga), sehingga dianggap tidak ada yang menjamin bahwa dia dapat kembali ke Indonesia. Hal ini tentu agak rentan dan beresiko bagi Kedubes untuk mengeluarkan Visa. Akan tetapi, hal ini hanya asumsi Travelia semata. Alasan lebih detail tentu menjadi privacy dari Kedubes.

Jadii, sebetulnya pengurusan Visa Korea ini adalah sesuatu yang relatif. Jika kamu bukan sebatang kara, memiliki pekerjaan atau orang tua / keluarga yang bekerja (Karyawan/ Wiraswasta), tidak perlu khawatir karena sejatinya kamu bukanlah masuk kategori ‘warning’ dalam pengurusan Visa. Kami akan menjelaskan lebih detail persyaratan yang harus kamu siapkan sesuai dengan posisi atau status kamu. Menurutmu, apakah iya pengurusan Visa atau berkas yang dibutuhkan ini sulit?

Semoga, nanti status pengajuan Visa mu, seperti ini ya:

Contoh Visa Approved

Berikan Tanggapan

Note: Comments on the web site reflect the views of their authors, and not necessarily the views of the bookyourtravel internet portal. Requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *